Rabu, 23 Februari 2011

ilmu budaya dasar II

NAMA :HOLISA MADAH IRMADANI
KELAS :1KA31
NPM :13110327

ilmu budaya dasar adalah ilmu atuau aturan-aturan yang diberikan oleh suatu budaya yang ada pada setiap daerah kepada setiap manusia agar manusia tersebut mampu menjadi manusia yang beradat dan mampu berfikir untuk memenuhi kebutuhab hidup baiki kebutuhan rohani maupun kebutuhan jasmani.Ilmu budaya dasar merupakan jiwa dan memiliki nilai-nilai yang tersebar luas dilingkungan masyarakat dan sebagai Pengetahuan Tentang Perilaku Dasar-Dasar Manusia.
contohnya seperti tata karma.tata karma itu sangat penting dan sangat d butuhkan dalam kehidupan sehari-hari,semua aktivitas harus slalu diserai dengan tata karma .contoh kecilnya saja seperti dalam berbicara, kita harus memiliki aturan dan batasan2 agar ucapan kita tidak menyinggung lawan bicara kita aturan tersebut dinamakan tata karma dan tata karma itu d ajarkan melalui ilmu budaya dasar tersebut.sedangkan Ilmu ilmiah dasar merupakan ilmu yang diajarkan berdasarkan teori-teori ilmiah.
Filsafat dari ilmu budaya dasar itu tersebut pun dimana orang yang menggunakan bahasa-bahasa di Indonesia sebagai sarana dan yang isinya memiliki segi distingtif bila dibandingkan dengan filsafat lainnya.
konsep ilmu budaya dasar
latar belakang atau konsep ilmu budaya dasar dalam konteks budaya, negara, dan masyarakat Indonesia berkaitan dengan permasalahan sebagai berikut:
1. Kenyataan bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa, dan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayaannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan (primodial) kesukuan dan kedaerahan.
2. Proses pembangunan dampak positif dan negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan sendirinya mental manusiapun terkena pengaruhnya. Akibat lebih jauh dari pembenturan nilai budaya ini akan timbul konflik dalam kehidupan.
3. Kemajuan ilmu pengetahuan dalam teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya, sehingga manusia bingung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya. Hal ini merupakan akibat sifat ambivalen teknologi, yang disamping memiliki segi-segi positifnya, juga memiliki segi negatif akibat dampak negatif teknologi, manusia kini menjadi resah dan gelisah.
2. (di kutip dari google)
Masalah kebudayaan.
Kebudayaan adalah suatu terapan yang di terapkan kepada suatu daerah berdasarkan budaya daerah masing-masing.kebudayaan tersebut pun memiliki arti dan fungsi yang hampir sama yaitu untuk mengatur manusia agar memiliki batasan-batasan atau aturan agar mengerti bagaimana harus bertindak ,bagaimana harus menghadapi dilemma dan bagaimana harus berinteraksi dengan lingkungan, sehingga kita mampu menentukan sikap dalam berhubungan dengan orang lain.
Kebudayaan disertai dengan unsure-unsur yang mempengaruhinya,yaitu :
1.masyarakat : dimana adanya factor-faktor eksternal yang mendukung
2.knowlage (pendidikan ilmu pengetahuan)
3.agama
4.tekhnologi
5.peluang .
Manusia itu satu sama lain saling membutuhkan itu sebabnya mengapa manusia disebut sebagai makhluk social.hubungan setiap manusia itu didasari karena adanya tali silaturahmi dan tali silaturahmi tersebutdidasarkan karna adanya hubungan sosial yang mengikat antara semua pihak.begitu banyak dan beragam kebudayaan yang tersebar di Indonesia .setiap kebudayaan memiliki perbedaan contohnya kebudayaan adat orang jawa .orang jawa biasanya di kenal dengan orang yang lemah lembut tidak sombong dll ,adat orang jawa biasanya juga selalu mengadakan tradisi sungkem ,sedangkan orang sumatra memiliki watak yang keras.akan tetapi walau setiap kebudayaan memiliki perbedaan ciri khas ,seluruh masyarakat bisa saling menerima dan saling menghargai tergantung bagaimana setiap individu tersebut menyikapinya.
Kebudayaan Indonesia akhir-akhir ini sudah mulai renggang atau terlupakan.contohnya tarian daerah dan batik.kedua contoh tersebut merupakan salah satu contoh kebudayaan Indonesia yang sangat memberikan ciri khas kepada Indonesia,akibat perubahan zaman yang semakin modern maka kebudayaan itupun mulai terlupakan dan sampai akhirnya kebudayaan Indonesia di curi oleh Negara lain.contoh lainnya karna adanya ketidak puasan masyarakat dengan apa yang telah di miliki,dan setiap manusia yang selalu ingin maju .itulah yang menjadi salah satu masalah dalam kebudayaan.adanya factor dari luar seperti pengaruh dari budaya barat juga sangat mempengaruhi kebudayaan kita.
Media yang dijadikan media awalan dalam bersosialisasi adalah orang tua dan kerabat .
Orang tua yang mengajarkan kita bagaimana cara bersosialisasi dengan lingkungan.dan yang menjadi media kedua adalah lingkungan itu sendiri,lingkungan yang baik maupun yang buruk sangat mempengaruhi kepribadian seseorang.dari ke dua media tersebut jiwa bersosial dan berbudaya akan timbul dengan sendirinya .

Agama di Indonesia itu ada 5 agama,yaitu : islam,protestan,katolik budha dan hindu .setiap agama ini pada dasarnya akan mengajarkan menjadi orang yang lebih baik dari setiap agama ini pasti memiliki perbedaan cara pengajaran sesuai dengan pada awalannya atau pada hakekatnya.sebagai contohnya masyarakat budha di bali selalu melaksanakan kebiasaan mengiris sesajen ke laut atau adanya adat membakar mayat.sedangkan pada agama islam pada adatnya di wajibkan solat 5 waktu dan apabila ada yang meninggal ,umat islam pasti menggubur orang yang meninggal ke dalam tanah .kebiasaan-kebiasaan itu pada dasarnya akan terus dilakukan karna telah membudaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar