Selasa, 19 Maret 2013

Tugas Analisis & Perancangan Sistem Informasi


KLASIFIKASI SISTEM

  •  Sistem deterministik (deterministic system) adalah suatu sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat, contoh : sistem komputer.
  • sistem probabilistik (probabilistic system) adalah sistem yang tak dapat diramal dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas, misalnya sistem arisan dan sistem sediaan, kebutuhan rata-rata dan waktu untuk memulihkan jumlah sediaan dapat ditentukan tetapi nilai yang tepat sesaat tidak dapat ditentukan dengan pasti.Contoh : Sistem Serapan Hara, Sistem Fotosintesis
  • Sistem tertutup (closed system) adalah sistem yang tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungan, dengan kata lain sistem ini tidak berinteraksi dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan.Contoh : reaksi kimia dalam tabung yang terisolasi.
  • Relatively Closed SystemSistem yang tertutup tetapi tidak tertutup sama sekali untuk menerima pengaruh-pengaruh lain.Contoh :Sistem komputer. (Sistem ini hanya menerima masukan yang telah ditentukan sebelumnya, mengolahnya dan memberikan keluaran yang juga telah ditentukan sebelumnya. Tidak terpengaruh oleh gejolak di luar sistem).
  • sistem terbuka (open system) adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan, contoh : sistem perusahaan dagang.
  • Artificial system adalah Sistem yang meniru kejadian dalam sistem. Sistem ini dibentuk berdasarkan kejadian di alam dimana manusia tidak mampu melakukannya. Dengan kata lain tiruan yang ada di alam. Contoh: Sistem Artificial Intelligence, yaitu program komputer yang mampu membuat komputer seolah-olah berpikir. Sistem robotika dan lain-lain
  • Sistem Alamiah (natural system) adalah sistem yang terjadi karena alam, contoh :sistem tata surya.
  • Manned System adalah Sistem penjelasan tingkah laku yang meliputi keikutsertaan manusia.Contoh :Pada bidang sistem informasi, faktor komputer dan program komputer biasanya "Relatively Closed dan Deterministik", tetapi faktor manusia sebagai pengelolanya adalah "Open dan Probabilistik Sistem ".


Referensi :
  1. http://blog.re.or.id/konsep-dasar-sistem-klasifikasi-sistem.htm
  2. http://bayuaji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/32090/Pengertian+Sistem+%26+Analisis+Sistem.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar