Kamis, 06 Juni 2013

Dunia anak jalanan


                Anak jalanan adalah salah satu warga Negara yang selalu Menemani keadaan jalananan. Hampir di setiap daerahnya ada saja yang memenuhi jalan . Memenuhi disini adalah banyak orang-orang yang mencari nafkah di jalanan, seperti pengamen, pengemis ,pedagang asongan ,pedang Koran dll . Kita dapat menjumpai warga jalanan di pinggiran kota. Betapa besar perjuangan mereka demi mendapatkan sesuap nasi,demi anak-anak mereka, demi keluarga mereka.
                Tanpa memperdulikan bahaya yang akan menimpanya ,mereka selalu gigih bekerja di jalan demi mendapatkan uang 1000 rupiah. Selain orang dewasa, banyak pula manula dan anak kecil yang menjadi warga jalan. Tak sedikit pula anak kecil yang dijadikan objek oleh orang tua mereka untuk mencari nafkah . Kalau melihat anak sekecil itu harus dijadikan objek untuk mencari nafkah terkadang terasa miris untuk di lihat. Anak sekecil itu seharusnya sibuk belajar menuntut ilmu demi cita-citanya akan tetapi akibat orang tua mereka yang malas bekerja memutar balikan posisi, anak yang bekerja dan orang tuanya yang hanya tidur-tiduran di bawah pohon.
                Dunia di jalanan itu benar-benar kejam . Tanpa memperdulikan usia , di jalan semua derajatnya sama. Terkadang apa yang tidak pantas di lakukan oleh anak kecil tetapi  malah di lakukan oleh mereka. Contohnya mereka merokok. Pantas kah anak usia dibawah 17 tahun untuk merokok ? banyak sekali anak-anak yang malahan di bawah 10 tahun sudah merokok tanpa memikirkan efek dan kedepannya untuk mereka sendiri. Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan nasib anak bangsa di kalangan ke bawah. Anak-anak di bawah 17 tahun itu lebih pantas mendapatkan pengetahuan. Memang kebutuhan pangan untuk mereka dan keluarga mereka memang penting , tetapi biarkan lah itu menjadi urusan orang tua mereka masing-masing . Bagaimanakah nasib anak bangsa kita jika mereka selalu menjadi anak jalanan ?   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar