Minggu, 07 November 2010

Artikel bencana 4

ISD
ARTIKEL BENCANA 4
Serpihan jatuh di batam,Qantas mendarat di singapura.

Singapura(sindo)-pesawat Qantas A380,dengan nomor  penerbangan QF32 dan membawa 440 penympang beserta 26 awak kapal mendarat darurat secara daramatisir di bandara change singapura.pesawat ini sebelumnya sempat berputar-putar di langit batam untuk membuang bahan bakar,beberapa bagian pesawat berceceran brjatuhan di kota itu.
Pihak maskapi menyatakan.hanya enam menit setelah lepas lands dari singapura menuju ke Sydney.Autralia,pendaratan darurat  harus dilakukan lantararan salah satu dari empat mesin pesawat mati. Qantas memastikan seluruh penumpang dan awak pesawat selamat atas insiden tersebut.
Ulf Waschbush ,penumpang asal jerman.mendengar suara ledakan yang sangat keras dan melihat api di  sayap pesawat  superjumbo  itu tidak lama setelah lpas landas.”kami mendengar ledakan,saya melihat sedikit api diluar,”ujarnya kepada AFP melalui telpon setelah meninggalkan pesawat.”sesuatu pecah dari sayap kiri dan itu adalah pecahan kecil.”tutur eksekutif perusahaan tehnologi berbasis di singapura itu berencana ke Sydney untuk berlibur.

                Kemudian kapten penerbangan QF32 itu mengumumkan bahwa A380 akan membuang bahan bakar dalam p[ersiapan untuk mendarat darurat.menurut waschbusch,tidak ada kepanikan di antara para penumpang saat berputar-putar di atas wilayah Indonesia.”semua orang terlihat tenang karena para kru membantu dengan sangat hebat.saya merasa di tangan yang tepat.qantas melakukan pekerjaan yang besar agar kami tetap terjaaga aman”lanjutnya.
                Penumpang lain,christoper lee,saat di wawancarai stasiun radio autralia,ABC radio mendengar ledakan setelah beberapa menit pesawat lepas landas.”setelah meninggalkan singapura terdengar ledakan .bunyinya tidak hanya sekali,tetapi dua kali kemudian terdengar suara berderik di dalam kabin”tutr lee,”beberapa staf kabin memperingaktkan staf kabin jika da ledakan ,ada asap atuau sesuatu hal agar mereka segera bertindak”tambahnya.

                Di batam,serpihan pesawat Qantas berceceran di 12 lokasi sekitar kecamatan batam kota.serpihan pesawat di antaranya di temukan di perumahan anggrek sari,eden park,centre park,politeknik batam ,simpang jam dll.

                Seorang warge centre park,jahissta,mengatakan bahwa serpihan-serpihan yang besarnya sekitar satu meter di depannya rumahnya.”bentuknya seperti pintu ada pegangannya”katanya.
A380 merupakan pesawat penumpang terbesar di dunia .pesawat bertingkat 2 ini mampu mengangkut lebih dari 800 orang.pesawat jenis ini telah mengalami insiden yang menyebabkan banyak orang mempertanyakan keselamatan dan keyakinan untuk di operasikan.

                Sebelum kejadian kemarin ,pada September 2009,A380 milik SIA terpaksa berbelok ditengah penerbangan menuju singapura dan harus kembali ke paris setelah salah satu mesinnya mati.pesawat superjumbo itu harus terbang dengan 3 mesin.
Direktur eksekutif Qantas alam joyce menjamin maskapainya akan melakukan investigasi mendalam atas insiden pendaratan darurat di chaniaga.demi mendapatkan hasil investigasi yang maksimal,Qantas memutuskan akan menunda semua penerbangan A380.
                Dari Jakarta mentri perhubungan meminta perhitungan kerugian atas serpihan Qantas yang berjatuhan di batam.nantinya pemerintah Indonesia akan meminta ganti rugi kepada maskapai Australia itu .

Pendapat saya                  : akibat kesalahan teknis pada mesin di pesawat Qantas tersebut membuat kerugian terhadap masyarakat batam yang terkena serpihan Qantas.penyebab kesalah teknisan di pesawat Qantas masih di investigasikan penyebabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar